Waspai Kasus Penculikan Anak, Ini Imbauan Kadis PP & PA Lampung Selatan

(KALIANDA) DINAS PPPA LAMSEL - Aksi penculikan anak kembali marak di tanah air. Seperti yang sempat viral kasis penculikan terhadap MA Warga Jakarta Pusat, yang sempat mengguncangkan Indonesia.

Pihak Dinas terkait pun bakalan akan meningkatkan Sosialisaisi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di tingkat desa, supaya kedepannya dapat berperan aktif terhadap masyarakat atau warga yang rawan terhadap kekerasan.

"Ya, sekarang banyak berita kasus penculikan anak ini. Makanya, kita sosialisasikan kepada PATBM agar pengawasan ini digiatkan," ujar kepala Dinas PP & PA Lampung Selatan Joniyansah, S.K.M., M.M saat di wawancarai, Selasa 10 Januari 2022.

Kadis PP & PA Lampung Selatan pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mewaspadai terhadap orang-orang baru yang datang atau tinggal di lingkungan mereka.

Tak hanya itu, pihak Dinas PP & PA Lampung Selatan juga menghimbau kepada para orang tua agar memberikan pemahaman terhadap anak untuk waspada terhadap orang-orang yang baru dikenal atau ditemui.

"Karena mmodus-modus yang dilakukan para pelaku ini bisa dengan bebagai cara. Bahkan adaa yang dilakukan oleh orang yang kenal terhadap korbannya, makanya, peran dari masyarakat dan para orang tua menjadi sangat penting untuk menekan kasus semacam ini," kata Dia.

Berdasarkan catatan UPT PPA pada Dinas PP & PA Kabu[aten Lampung Selatan, total kasus kekerasan yang melibatkan anak terhitung sejak tahhun 2021-2022 stotal sebanyak ada 127 kasus. Dan pada tahun 2022 kemarin, terdapat kasus penculikan anak dengan catatan sebanyak 1 kasus.

Berikut Data Rincina  KAsus Yang Melibatkan Anak Tahun 2022 PAda Dinas PP & PA Kabupaten Lampung Selatan

  1. Persetubuhan 46 kasus
  2. Pelecehan 12 kasus
  3. Fisik 2 kasus
  4. Pembunuhan 1 kasus
  5. Non Fisik 14 kasus
  6. Vidio Asusila 1 kasus
  7. TPPO 2 kasus
  8. Narkoba 1 kasus
  9. penculikan 1 kasus

Diktutip Dari Laman : beritakita.co.id