Talkshow Bunda Forum Anak Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto di TVRI Lampung

(BANDAR LAMPUNG) DINAS PPPA LAMSEL - Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Kabupaten Lampung Selatan menghadiri Kegiatan Talkshow Bunda Forum Anak Daerah Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto di TVRI Lampung, Rabu (26/07/2023).

Dialog tersebut disiarkan secara Langsung oleh TVRI Lampung dengan tema Lampung Menuju Provinsi Layak Anak.

Turut hadir mendampingi Winari, Kepala Dinas PP dan PA Joniyansah, S.K.M.,M.M, Kepala Dinas Kominfo Anasrullah, S.Sos.,M.M Ketua DWP Yani Thamrin, juga hadir Camat Jati Agung Firdaus Adam.

Kepala Dinas PP dan PA Provinsi Lampung Dr. Fitrianita Damhuri, S.STP., M.Si, yang juga ikut berdialog dalam acara tersebut mengatakan, untuk menjadi Provinsi Layak Anak, banyak sekali hal-hal yang perlu dilakukan dan dipenuhi salah satunya pemenuhan hak hak anak dan perlindungan kepada anak.

“Banyak hal yang harus dipenuhi salah satunya pemenuhan hak hak anak,agar Lampung bisa menjadi Provinsi Layaka Anak,” kata Fitri.

Dirinya juga menyampaikan dalam pemenuhan hak hak itu Provinsi Lampung juga mengajak para pelaku usaha juga dihimbau untuk tidak mempekerjakan anak.

“Kami juga menghimbau kepada para pelaku usaha untuk tidak mempekerjakan anak, karena itu melanggar salah satu hak anak,” ucapnya.

Fitri menambahkan dampak dari prestasi yang kita raih ini tidak bisa kita lihat dalam hitungan hari, tapi ini adalah investasi jangka panjang yang akan dirasakan oleh anak anak dimasa mendatang.

“Dampak dari apa yang kita raih ini tidak bisa kita lihat dalam hitungan hari,tapi ini adalah investasi jangka panjang yang akan dirasakan oleh anak anak dimasa mendatang,” ungkapnya.

Sementara itu, pada sesi dialog tersebut Winarni membenarkan apa yang dsampaikan oleh Kepala dinas PP dan PA Provinsi, terkait hak hak anak yang harus dipenuhi khususnya anak anak di Lampung Selatan ini benar benar di dengar suaranya.

“Benar apa yang dikatakn bu fitri, pemenuhan hak anak harus dilakukan,dan juga apa yang menjadi suara mereka pun harus kita dengarkan,” kata Winarni.

Winarni menambahkan, untuk menuju Lampung Provinsi Layak Anak, Lampung Selatan berkomitmen bersama dan memiliki inovasi proyek cetak generasi unggul yang di dalamnya ada hak-hak anak yang harus dipenuhi salah satunya hak kesehatan juga pendidikannya.

“Kami di Lampung Selatan berkomitmen bersama dan memiliki inovasi proyek cetak generasi unggul yang di dalamnya ada hak hak anak yang harus dipenuhi salah satunya hak kesehatan juga pendidikannya,” ujarnya.

Bunda Forum Anak Daerah itu juga mengungkapkan, target Lampung Selatan tahun ini adalah mendapatkan predikat Utama. Dirinya menyebut, hal itu hampir tercapai namun Lampung Selatan mendapatkan predikat Nindya naik satu tingkat dari Madya.

“Walaupun target kami belum tercapai,ini menjadi motivasi kami untuk lebih semangat untuk memperbaiki apa yang kurang saat penilaian kemarin,” ungkapnya.

Winarni mengatakan tidak hanya pemenuhan hak anak tapi kasus kekerasan pada anak yang ada harus benar benar di tuntaskan untuk mencapai target tersebut.

“Untuk menggapai Kota Layak Anak tidak hanya hak hak anak saja uang harus dipenuhi tapi kasus kekerasan pada anak harus di tuntaskan,” imbuhnya.

Sejalan dengan apa yang disampaikan Winarni, Fitri membenarkan, bahwa anak-anak yang mengalami kekerasan khususnya kekerasan seksual ini perlu perhatian khusus harus didampingi.

Hal ini dikarenakan, akan meninggalkan trauma yang mendalam dan tugas dari PP dan PA adalah mendorong anak anak ini untuk termotivasi agar masa depan mereka bisa lebih baik.

“Yang disampaikan Bunda ini sangat benar anak anak yang mengalami kekerasan khususnya kekerasan seksual ini perlu perhatian khusus harus didampingi, karena ini akan meninggalkan trauma yang mendalam dan tugas dari PP dan PA adalah mendorong anak anak ini untuk termotivasi agar masa depan mereka bisa lebih baik,” ujar Fitri.

Ketua TP PKK Lampung Selatan itu menyampaikan Untuk menuju Lampung menjadi Layak Anak harus dimulai dari tingkat Desa, Kecamatan juga Kabupaten harus bisa melaksanakan hal apa saja yang diperlukan untuk mencapai hal tersebut.

“Demi mewujudkan target itu masyarakat juga berperan dalam mendukung Kabupaten Layak Anak dengan rasa memiliki kuat karena di Kabupaten Kami mempunyai slogan Anak ku Anak mu adalah Anak Kita Semua,” ungkap Winarni.

Diakhir acara Winarni memberikan Statement, Bersama dan bergotong royong menyiapkan generasi maju di Provinsi Lampung yang berkualitas dan memiliki daya saing. (*)

Diktutip Dari Laman : www.lampungselatankab.go.id dinas_pppa_lampungselatan