Sosialisasi Program TESA 129 Oleh Dinas PP & PA Kabupaten Lampung Selatan

(KALIANDA) DINAS PPPA LAMSEL - Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Kabupaten Lampung Selatan melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Program TESA 129 (Telepon Sahabat Anak) Tahun 2023 Di Aula Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Jumat (07/05/2023).


Anak telah menjadi sasaran kepentingan bagi banyak kalangan termasuk untuk tujuan komersial yang merugikan kepentingan anak. Betapa saat ini anak menjadi objek yang paling mudah untuk di gunakan dan dijadikan sebagai ladang basah bagi jaringan yang tidak bertanggung jawab.

Anak yang dijadikan objek untuk diperjual belikan, objek kekerasan, objek eksploitasi ekonomi dan seksual adalah hal yang sudah biasa kita lihat sekarang ini. Kita seperti manusia yang sudah kebal dan tidak memiliki rasa empati dalam menyikapi permasalahan yang sudah mendarah daging ini.



Yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah bahwa kasus kekerasan terhadap anak ini sering kali terjadi di tengah-tengah keluarga terdekatnya.

Untuk mengatasi permasalahan anak ini, Pemerintah melalui Departemen Komunikasi dan Informatika dan berbagai instansi yang terkait memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi (TIK) untuk mempermudah dan mempercepat orang untuk berinteraksi dan berkomunikasi. Melalui teknologi komunikasi dan informasi ini terbentuk sebuah layanan informasi secara cepat, tepat dan efisien melalui telepon yang diberi nama TESA 129.



TESA 129 adalah salah satu layanan masyarakat salah satu layanan masyarakat yang berupaya memberikan perlindungan pada anak (laki-laki dan perempuan) dari tindak kekerasan.

Kegiatan ini dilaksanakan 2 hari Yaitu Hari Kamis dan Jumat, 06-07 Juli 2023. Peserta pada kegiatan ini di hadiri oleh Dinas Instansi terkait, Perangkat Kecamatan dan Desa dan termasuk Forum Anak Daerah di Kabupaten Lampung Selatan"

Layanan ini tidak terbatas pada pengaduan dan konseling saja, namun juga memberikan informasi kepada masyarakat sebagai upaya preventif dalam mencegah terjadinya kasus-kasus tindak kekerasan dan pelanggaran hak-hak lainnya”.


Sebelum menutup sambutannya Kabid Data dan Informasi Agus Widiya, SP.,M.M mengharapkan melalui kegiatan ini terjadi peningkatan koordinasi antara penanggungjawab program/kegiatan pemenuhan hak dan perlindunganan anak, baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota guna dapat mewujudkan kesejahteraan anak-anak di Kabupaten Lampung Selatan

.

Diktutip Dari Laman : dinas_pppa_lampungselatan