Sosialisasi Perlindungan Anak di SMAN 1 Sragi

(SRAGI) DINAS PPPA LAMSEL - Kehadiran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), yang mendatangkan Tim Perlindungan Anak Terpadu Berbasis masyarakat (PATBM) Ibu Saptaningsih, S.E., M.M selaku Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Anak PPPA Kabupaten Lampung Selatan.

Kegiatan Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Perlindungan Khusus Anak DPPPA ini berlokasi di SMAN 1 Sragi, Kecamatan Sragi dihadiri Kepala Sekolah SMAN 1 Sragi, Para Guru dan Siswa Siswi SMAN 1 Sragi dengan Tema Bangunlah Jiwa dan Ragamu dengan Topik Kegiatan Positif Dalam Menanggulangi Tindak Perundungan DiSekolah.

Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) adalah sebuah program unggulan yang dicanangkan oleh KemenPPPA RI sejak tahun 2017. Gerakan dari jaringan atau kelompok warga pada tingkat masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak. PATBM merupakan inisiatif masyarakat sebagai ujung tombak untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dengan membangun kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap dan prilaku yang memberikan perlindungan kepada anak. 

Tujuan PATBM:

  1. Mencegah Kekerasan Terhadap Anak termasuk segala tindakan yang dilakukan untuk mencegah kekerasan terhadap anak antara lain: (1) memberikan informasi, sosialisasi dan pendidikan tentang norma sosial dan praktik budaya yang menerima, membenarkan dan mengabaikan kekerasan; (2) membangun sistim pada tingkat komunitas dan keluarga untuk pengasuhan yang mendukung relasi yang aman untuk mencegah kekerasan (peer to peer approach); (3) meningkatkan ketrampilan hidup dan ketahanan diri anak dalam mencegah kekerasan.

  2. Menanggapi kekerasan: yang mengacu pada langkah-langkah yang dilakukan untuk mengidentifikasi,  menolong, dan melindungi anak-anak yang menjadi korban kekerasan termasuk akses terhadap keadilan bagi korban dan pelaku anak. Upaya ini dilakukan dengan melalui jejaring (termasuk advokasi) dengan layanan pendukung yang terjangkau dan berkualitas untuk korban, pelaku dan anak dalam resiko

Kegiatan yang dilaksanakan oleh PATBM di desa/kelurahan bertingkat yaitu:

  1. Tingkat anak-anak: kegiatan yang diarahkan untuk memampukan anak melindungi dari kekerasan yang terjadi. Kegiatan ini bisa berupa kegiatan keagamaan, kegiatan kreatif dan rekreatif, kegiatan pendidikan termasuk juga pengembangan forum anak.

  2. Tingkat Keluarga: kegiatan ini diarahkan untuk memampukan orangtua dalam mengasuh anak sesuai dengan perkembangan usia dan hak-hak anak. Kegiatan ini bisa merupakan kegiatan sarasehan orangtua, berbagi pengalaman pengasuhan di antara orangtua atau peningkatan ketrampilan pengasuhan anak.

  3. Tingkat Komunitas atau masyarakat desa; Kegiatan ini diarahkan untuk membangun dan memperkuat sebuah norma anti kekerasan kepada anak yang ada di dalam masyarakat tersebut. kegiatan bisa dilakukan dengan sarasehan dan sosialisasi yang diikuti oleh warga masyarakat atau mengembangkan kebijakan lokal tentang penguatan perlindungan anak misalnya dengan pengawasan bermain, pengembangan rumah singha bagi anak sekolah dan lain-lain.

Tim PATBM PPPA Lampung Selatan, Kepala Sekolah dan Para Guru SMAN 1 Sragi mengharapkan dengan diadakannya sosialisasi ini dapat membuat para siswa/i nya bisa lebih saling menghargai, tidak saling membuli dan bisa membuat inovasi serta kreatifitas dalam hal kegiatan positifi baik di sekolah maupun di luar sekolah 

 

Diktutip Dari Laman : dinas_pppa_lampungselatan