Pelatihan Kader PATBM Upaya Tingkatkan Perlindungan Anak Di Masyarakat

(TANJUNG SARI) DINAS PPPA LAMSEL - Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Kabupaten Lampung Selatan melaksanakan Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Kader PATBM (Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat) Tahun 2023 Di Aula Kantor Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (06/07/2023).

Upaya pencegahan dan membangun gerakan masyarakat untuk perlindungan anak yang lebih optimal, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas PP & PA) Kabupaten LampungSelatan menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Kader Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Lampung Selatan.

Sebanyak 50 orang kader yang dilatih merupakan perwakilan dari 8 desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Tanjung Sari.

Kepala Dinas PP & PA dalam kali ini di wakilkan oleh Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Anak Sapta Ningsih, S.E.,M.M menyampaikan bahwa dengan dibentuknya PATBM nanti diharapkan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya yaitu melakukan upaya pencengahan kekerasan terhadap anak dan merespon atau menanggapi jika terjadi kekerasan tersebut melalui perkembangan jejaring dengan layanan pendukung yang terjangkau dan berkualitas seperti UPTD PPA dan Telepon SAPA 129.

“Dalam pelatihan ini nantinya kita akan menyamakan persepsi tentang model perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat (PATBM),” jelas Sapta.

Ia menjelaskan bahwa PATBM merupakan inisiatif masyarakat sebagai ujung tombak untuk melakukan upaya pencegahan dengan membangun kesadaran masyarakat agar terjadi perubahan pemahaman, sikap dan perilaku yang memberikan perlindungan kepada anak.

“Tujuan dibentuknya PATBM adalah sebagai fasilitator dan relawan mampu mendampingi masyarakat dalam mencegah kekerasan terhadap anak, dan pelecehan terhadap anak,” tambahnya.

Dasar kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan ini berlangsung yaitu menindaklanjuti Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Pasal 72 ayat 1 bahwa masyarakat berperan serta dalam perlindungan anak, baik secara perseorangan maupun kelompok.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Camat Tanjung Sari, Yayasan Pembinaan Sosial Katolik - Lembaga Dana Atmaja ( YPSK-LDA) Tanjung Sari, narasumber dan peserta kader perwakilan dari setiap desa di Tanjung Sari.

Diktutip Dari Laman : dinas_pppa_lampungselatan