Partisipasi Forum Anak Daerah (FAD) Dalam Kegiatan Musrenbangcam Lampung Selatan Tahun 2024

(KALIANDA) DINAS PPPA LAMSEL - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), yang mengikutsertakan Forum Anak Kecamatan pada Kegiatan Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2024.

Forum Anak adalah wadah partisipasi anak untuk mendorong keterlibatan anak dalam proses pengambilan keputusan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan dirinya dan dilaksanakan atas kesadaran, pemahaman serta kemauan bersama sehingga anak dapat menikmati hasil atau mendapatkan manfaat dari keputusan tersebut. Selain syarat usia, syarat lain menjadi anggota Forum Anak diantaranya bergabung atas dasar kesadaran sendiri, melampirkan surat izin orangtua/wali, dan bersedia menjaga nama baik diri sendiri dan organisasi.

Ada satu syarat utama untuk menjadi anggota Forum Anak, yakni masih berusia anak atau di bawah 18 tahun. Asisten Deputi Pemenuhan Hak Sipil, Informasi, dan Partisipasi Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA)

Yang tidak boleh menjadi anggota forum anak adalah yang bukan anak. Pokoknya semua anak boleh masuk ke dalam keanggotaan Forum Anak, tidak ada diskriminasi.

“Partisipasi anak itu sebetulnya masih belum banyak dipahami oleh masyarakat, termasuk dalam keluarga. Berapa banyak orang tua yang melibatkan anak dalam pengambilan keputusan, misalnya mau rekreasi. Biasanya dalam kondisi seperti ini anak kan ikut saja, bapak ibu yang menentukan. Padahal seperti itulah wujud partisipasi anak ketika pandangan anak bisa didengar,”

Muhammad Rifqi Aghnaita, anggota Forum Anak Kecamatan mengaku telah berperan menjadi pelopor dan pelapor. Salah satu peserta musrenbangcam yang ini terlibat dalam berbagai kegiatan kampanye dan sosialisasi tekait upaya perlindungan dan pemenuhan hak anak di daerahnya. 

“Saya bersama teman-teman Forum Anak juga sudah melakukan peran sebagai pelopor dan pelapor. Contohnya lewat program kerja ganti rokok dengan permen. Karena di daerah saya itu banyak perokok aktif, kami tidak ingin anak terpapar. Jadi kalau ada yang merokok kami ganti rokoknya dengan permen. Saya berharap teman-teman juga bisa jadi agen pelopor dan pelapor, karena generasi emas itu ada di tangan kita” terangnya.

Dalam Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 12 Tahun 2015 tentang Panduan Partisipasi Anak Dalam Perencanaan Pembangunan bahwa Forum Anak berperan dalam menyuarakan aspirasi anak secara umum di setiap jenjang wilayah administrasi pemerintahan dalam musrenbang. Hal tersebut mengamanatkan bahwa Forum Anak wajib dilibatkan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan mulai dari Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Musrenbang Nasional.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lampung Selatan, Joniyansah, S.K.M.,M.M menyampaikan bahwa Forum Anak Daerah (FAD) Kabupaten Lampung Selatan mengikuti pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2024 yang dilaksanakan mulai tanggal 30 Januari 2023 sampai 13 Februari 2023 di 17 Kecamatan yang ada di Lampung Selatan yang dihadiri oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Ketua TP. PKK Kecamatan Hj. Winarni Nanang Ermanto, Sekretaris Daerah Thamrin, S.Sos.,M.M,DPRD Lampung Selatan, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Instansi Vertikal, Pimpinan Perusahaan, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa/Lurah, Organisasi Masyarakat dan Delegasi Kecamatan.

Dalam pelaksanaan Musrenbang Kecamatan, Forum Anak menyampaikan Suara Anak Kecamatan, sebagai berikut :

  1. Memohon kepada Pemerintah Kab. Lampung Selatan untuk mendorong peningkatan layanan kesehatan dan Pendidikan di Kab. Lampung Selatan
  2. Memohon kepada Pemerintah Kab. Lampung Selatan untuk mendorong pemenuhan hak sipil anak berupa Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak di Kab. Lampung Selatan;
  3. Memohon kepada Pemerintah Kab. Lampung Selatan untuk menyediakan sistem informasi yang layak bagi anak hingga ke pelosok desa;
  4. Memohon kepada Pemerintah Kab. Lampung Selatan untuk memberikan fasilitas pendidikan bagi anak putus sekolah;
  5. Memohon kepada Pemerintah Kab. Lampung Selatan untuk mendorong peningkatan sarana prasarana sekolah khususnya kantin, UKS, dan toilet yang memiliki standar kesehatan tertinggi dan layak untuk anak;
  6. Memohon kepada Pemerintah Kab. Lampung Selatan untuk mempertegas sanksi bagi masyarakat yang melakukan pelanggaran terkait perlindungan anak khususnya perkawinan usia anak dan perundungan;
  7. Memohon kepada Pemerintah Kab. Lampung Selatan untuk mendorong tersedianya ruang kreativitas anak pada fasilitas publik.

Forum Anak Daerah kabupaten Lampung Selatan yang ikut Berpartisipasi dalam acara Musrenbang Kecamatan. Kehadiran dari Forum Anak Kecamatan dalam acara tersebut, Memperlihatkan Keaktifan Forum Anak Daerah.Kec Kabupaten Lampung Selatan dalam Menyuarakan Hak - Hak anak. Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lampung Selatan yang menaungi Perempuan dan Anak sangat Mendukung Forum anak di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa agar Aktif dalam Pembangunan Daaerah Lampung Selatan.

 

Diktutip Dari Laman : dinas_pppa_lampungselatan