Assesment Bagi Tenaga Pendidik Di Mts Kecamatan Natar

(KALIANDA) DINAS PPPA LAMSEL - Assesment Bagi Tenaga Pendidik Dalam Rangka Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak Di  Mts Daarul Ma'arif, Kec. Natar, Lampung Selatan, Kamis(15/09/2022).

Asesmen (assessment) adalah upaya untuk mendapatkan data/informasi dari proses dan hasil pembelajaran untuk mengetahui seberapa baik kinerja mahasiswa, kelas/mata kuliah, atau program studi dibandingkan terhadap tujuan/kriteria/capaian pembelajaran tertentu. Setelah diperoleh hasil asesmen maka dilakukan proses penilaian. Penilaian (grading) adalah proses penyematan atribut atau dimensi atau kuantitas (berupa angka/huruf) terhadap hasil asesmen dengan cara membandingkannya terhadap suatu instrumen standar tertentu. Hasil dari penilaian berupa atribut/dimensi/kuantitas tersebut digunakan sebagai bahan evaluasi. Evaluasi (evaluation) adalah proses pemberian status atau keputusan atau klasifikasi terhadap suatu hasil assesmen dan penilaian.

Dinas PP & PA  Melalui Bidang PHA (Pemenuhan Hak Anak) melakukan Assesment Bagi Tenaga Pendidik Dalam Rangka Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak di Lingkungan Sekolah. Kegiatan ini di Laksanakan Di Mts Daarul Ma'arif, Desa Banjar Negeri, Kecamatan Natar Lampung Selatan. 

Tujuan dilakukannya Asesmen, Penilaian, dan Evaluasi Pembelajaran adalah:

  1. Memantau perkembangan proses pembelajaran mahasiswa.
  2. Mengecek pemenuhan terhadap capaian pembelajaran dan memberikan nilai atas proses dan hasil pembelajaran mahasiswa.
  3. Memperoleh umpan balik sebagai bagian dari siklus perbaikan berkelanjutan (continuous improvement) bagi (a) Mahasiswa dalam rangka perbaikan pembelajaran (b) Dosen dalam rangka perbaikan dan pengembangan mata kuliah (c) Program studi dalam rangka pengembangan kurikulum (d) Perguruan tinggi dalam rangka pengembangan institusi
  4. Wahana kontrol kualitas lulusan, dalam artian bahwa melalui asesmen capaian pembelajaran dapat dipastikan seluruh lulusan suatu program studi telah memenuhi standar minimal yang telah ditentukan.
  5. Penunjang akuntabilitas institusi, yaitu sumber informasi terkait proses dan hasil pembelajaran  kepada pemangku kepentingan terkait.

Diktutip Dari Laman : dinas_pppa_lampungselatan